,   |  No comments  |  

ANAK AJAIB dunia maya ditemukan mati gantung diri

ANAK AJAIB dunia maya ditemukan mati gantung diri

Tokoh berbakat dunia maya yang berperan dalam menciptakan website Reddit, Aaron Swartz, meninggal dunia. Pria berusia 26 tahun ini tewas setelah mengambil nyawanya sendiri dengan cara menggantungkan diri.

Seperti yang dilansir oleh BBC (13/1), kematian Swartz ini diketahui setelah tubuhnya ditemukan dalam keadaan tergantung di dalam apartemennya sendiri di New York, Amerika Serikat. Diyakini bahwa kematiannya ini disebabkan oleh tuntutan pemerintah federal terhadapnya atas kasus penipuan.

Sebelumnya, Swartz didakwa telah melakukan tindakan ilegal dengan mengunduh jutaan jurnal ilmiah yang berada di server Massachusetts Institute of Technology, AS. Atas tindakannya ini, sebenarnya kasus Swartz sendiri akan segera disidangkan pada April 2013 ini.

Selama hidupnya, Swartz memang berjasa besar dalam dunia maya. Semenjak usia 14 tahun, Aaron Swartz juga ikut mengembangkan feed untuk website, RSS versi pertama. Atas ciptaannya ini, pengguna internet di seluruh dunia bisa menerima berita-berita terbaru dari sebuah website dengan cepat.

Dia juga berperan dalam menyebarkan berbagai dokumen-dokumen yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja di dunia maya. Hal ini dilakukan karena dia beranggapan bahwa segala informasi yang ada di dunia maya ini seharusnya bisa diakses oleh siapa saja.

Oleh karena itu, ketika muncul undang-undang baru yang bertujuan untuk membatasi pembajakan di dunia maya, SOPA dan PIPA, Swatrz terang-terangan menentangnya. Dia bahkan mendirikan DemandProgress yang ditujukan untuk menghalang-halangi terlaksananya undang-undang tersebut.

Ref : Merdeka.Com 14-Jan-2013

Share article:

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar anda

Advertisement